BERBAGI
Ruang koleksi Historika/ Foto : Ade

Museum Negeri Sulawesi Tenggara dibangun pada tahun anggaran 1978-1979. Pada tahun itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mulai mepersiapkan bahan bangunan untuk membangun koleksi Museum. Setelah itu pada tahun 1980-981 mulailah membangun kantor dan laboratorium untuk tempat menyimpan benda-benda peninggalan sejarah di Sulawesi Tenggara (SULTRA).

Museum Negeri Sulawesi Tenggara diresmikan Pada 19 januari 1991, pertama kali museum ini dipimpin oleh Drs. Muhammad Yamin Date M.Sc. Dan didampingi oleh Drs. Saraha selaku Kepala Sub Tata Usaha. Setelah masa jabatannya selesai Drs. Yamin Date digantikan oleh H. Abdul Rauf Sulaiman pada tahun 1996.

Museum Negeri Sulawesi Tenggara sudah beberapa kali mengalami pergantiaan pemimpin, dan saat ini Museum Negeri Sulawesi Tenggara dipimpin oleh Amba Aco Palenrung Mpd.

Rustam Tambuli selaku Kepala Sesi Lingkungan Edukasi menjelaskan didalam museum terdapat 10 jenis koleksi diantaranya Biologika, Geografika, Arkeologi, Historika, Numismatika, Filologi, Keramik, Senirupa, dan Teknologi Tradisional.

Berikut koleksi foto museum :

proses pelaksanaan adat/foto : ade

Proses Produksi Nikel Pomala/foto : Ade
kelengkapan bercocok tanam SULTRA/foto : Ade
alat kesenian/foto : Ade
Koleksi Museum/Foto : Ade

Editor : Akril

Facebook Comments