BERBAGI
Suasana Pasar tradisional di Laino kabupaten Muna/Foto : Ysrif

Pasar Laiono adalah salah satu pasar tradisional yang berada di kota Raha kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan jantung kehidupan sejak dulu bagi masyarakat kota Raha serta bagi masyarakat kabupaten Muna pada umumnya.

Akses jalan yang sangat mudah serta semua jenis bahan pokok tersedia sehingga menjadi alasan bagi masyarakat kabupaten Muna untuk memilih berbelanja serta menjual di Pasar tradisional tersebut.

Sebut saja Wa Samia (57), warga yang berasal dari desa Bonea kabupaten Muna itu memilih untuk berjualan di Pasar Laino, walaupun jarak yang harus di tempuh sepanjang 20 kilo meter dari desanya untuk menuju di Pasar Laino ia tetap memilih menjajakan dagangannya di Pasar tradisional tersebut.

Ia menjual di Pasar Laino tersebut terbilang cukup lama. Ada beberapa jenis sayuran yang ia jual kepada pembeli seperti sayur kangkung, bayam serta sayur-sayuran lainnya.

“Saya sudah tiga tahun jual sayur di pasar laino ini, kalau di sini saya menjual sayur-sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang dan berbagai macam sayur lainnya”, ungkapnya kepada Warta Sultra saat di temui di tempat jualannya, Jum’at (11/8/2017).

Tak hanya kenyamanan, pendapatan yang sangat besar saat menjual di Pasal Laino menjadi salah satu pilihan utama bagi Wa Samia untuk berdagang di Pasar tersebut.

“Jaraknya agak jauh juga, tapi saya merasa senang menjual di Pasar Laino ini karena penghasilanku di sini sangat besar”, tutupnya.

Bahkan Pasar Laino mulai buka sejak subuh, dari berbagai kalangan masyarakat setiap harinya mamadati Pasar Laino, salah satunya Wa Ode Nursinah ia berbelanja di Pasar Laino sejak subuh, alasan ia belanja di pasar Laino sejak subuh dikarenakan ikan yang ia beli serta sayur-sayuran yang masih segar.

“Sejak subuh saya sudah datang di Pasar ini, karena juga dekat serta ikan dan sayur masih segar-segar dan juga harganya cukup murah”, tukasnya. (*SP)