WARTA SEKOLAH—Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah Kendari (YPWIK) Sekolah Dasar (SD) Terpadu Al Wahdah merupakan salah satu SD swasta yang betempat di Lorong Kusuma Kecamatan Kambu Kota Kendari.

Slamet (41) selaku Kepsek (Kepala Sekolah) SD Terpadu Al Wahdah memaparkan, sekolah ini menganut dua kurikulum yakni kurikulum umun dan khusus.

Slamet, Kepala Sekolah SD Terpadu Al Wahdah/Foto : Ade

“Kurikulum umum (Nasional) berupa kurikulum yang sudah ada pada sekolah-sekolah negeri, sementara kurikulum khusus yang ada di sekolah ini berupa hafalan hadis, hafalan Qur’an, mengaji serta menghafal doa-doa,” ujarnya kepada tim Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (9/12/2017).

Dalam proses belajar mengajar untuk SD Terpadu Al Wahdah sangatlah berbeda dengan sekolah-sekolah negeri maupun sekolah swasta lainnya. Di sekolah ini sebelum memulai proses belajar mengajar, siswa dibiasakan sholat Dhuha serta zikir pagi sebelum masuk keruang belajar.

“Kami masuk pukul 07:20 WITA, akan tetapi sebelum masuk proses belajar mengajar kami biasa awali dengan sholat Dhuha serta zikir pagi. Kemudian setelah semua terselesaikan maka kami mulai belajar mengajar 08:00 hingga pukul 04:00 WITA, karena kami menggunakan full day school, dan ini pula menjadi ciri khas kami,” jelasnya.

Semenjak sekolah ini didirikan lanjut Slamet, selain ciri khas di atas sekolah ini juga menganut kurikulum khusus yang dimana kurikulum itu sudah menjadi ciri khas dari sekolah ini.

“Kalau di sekolah lain tidak ada hafalan hadis, tidak ada hafalan Qur’an, hafalan doa serta mengaji. maka itulah yang menjai perbedaan dari sekolah-sekolah lainnya,” tutupnya. (*PATAKONDO)

One Comment to: SD Terpadu Al Wahdah Menerapkan Full Day School

  1. Muammar

    Desember 11th, 2017

    SD lain jg ada koq yg menerapkan Hafalan Al-Qur’an dan Hadits, misal SD TQ Muadz Bin Djabal, SD Ibnu Abbas As-Syalafi

Leave a Reply

  • (not be published)