WARTA SEKOLAH—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu sekolah menengah negeri yang bercirikan islami di Kota Kendari.

Berdasarkan pantauan Tim Warta Sultra, Kamis (18/1/2018) sekolah yang terletak di Jalan Passaeno nomor 3 Kendari, memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sekolah lainnya.

Sebagai sekolah Islam, salah satu unggulan utama Madrasah tersebut adalah memiliki berbagai jurusan penunjang sebagai kebutuhan pendidikan siswanya seperti jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) serta Jurusan Bahasa.

Sementara untuk pendidikan keterampilan juga terdapat jurusan Pendidikan Prakarya atau jurusan Keterampilan, seperti Jurusan Listrik, Elektro dan Jurusan Tata Busana. Dengan demikian, sekolah ini mampu menghadirkan hampir semua kebutuhan pendidikan bagi siswanya.

“Madrasah Aliyah ini mengakomodir berbagai kebutuhan pengembangan pengetahuan anak. Jadi ada jurusan IPA, IPS, bahasa dan ada kegiatan keagamaannya. Terus melaksanakan kegiatan keterampilan, itu sangat relevan dengan kurikulum nasional yang baru yaitu K.13 dengan menempatkan bidang keterampilan itu menjadi mata pelajaran prakarya,” ungkap Kepala Sekolah MAN 1 Kendari, Ma’sud Achmad, S.Pd.,M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/01/2018).

Saat ini kata Ma’sud Achmad, dengan adanya jurusan listrik dan elektro siswa MAN 1 Kendari secara jurusan sudah memiliki wawasan tentang membuat radio dan televisi. Juga diarahkan siswa MAN 1 Kendari dapat membuat mesin robot.

Sebagaimana tercatat siswa MAN 1 Kendari pernah membuat dua buah robot kecil yang diberi nama Robotic Line Fallawer keterampilan radio dan TV.

Robot hasil karya siswa MAN 1 Kendari

Sementara itu, untuk di bidang tata busana, siswa MAN 1 Kendari sudah dapat membuat seragam yang memiliki nilai ekonomi.

“Jadi kalau listrik berkarya pada listrik, radio dan televisi minimal memahami konsep terhadap radio dan televisi juga. Harapan kita mengarah ke robotic. Kemudian ada tata busana minimal siswa harus memproduksi dua pasang seragam pramuka dan abu-abu yang bisa dijual,” jelasnya Ma’sud Achmad.

Dengan begitu, lanjut Ma’sud Achmad tamatan siswa MAN 1 Kendari memiliki kemampuan yang siap dalam pengembangan dirinya ke depan baik itu ketika lanjut di Perguruan Tinggi atau bekerja sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya. Terbukti beberapa alumni MAN 1 Kendari banyak yang langsung bekerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Ada beberapa alumni Aliyah Kendari yang langsung menjadi karyawan PLN. Sekarang ini dengan adanya kurikulum nasional, keterampilan itu merupakan bagian dari kebutuhan kurikulum yang akan berfungsi bagi kebutuhan pasar,” pungkasnya. (*LAN)

One Comment to: Keunggulan yang Dimiliki MAN 1 Kendari

  1. Ferdiansyah

    Februari 26th, 2018

    Jurusannya Kurang Satu.
    Yaitu Jurusan Agama.

Leave a Reply

  • (not be published)