KONAWE SELATAN—Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) akan segera dilaksanakan pada awal bulan April 2018. Hal ini membuat SMAN 2 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melakukan persiapan dengan seksama untuk kesuksesan UNBK serentak tersebut.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 2 Konsel, Drs. Mudila mengaku sudah siap untuk melaksanakan UNBK serentak di sekolah yang ia pimpin itu. Kesiapan tersebut dengan melakukan beberapa hal meskipun jumlah komputer masih minim.

“Kami hanya mempunyai 14 unit komputer yang akan digunakan oleh 253 siswa, namun itu bukan masalah buat kami, pasti ada jalan. Tentu kami telah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan meminjam laptop dari para guru, murid dan di sekolah lainnya yang bisa diakses,” ujarnya kepada tim Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (9/3/2018).

Lebih lanjut ia menambahkan, pekan depan pihaknya akan melaksanakan simulasi UNBK terhadap siswa, dengan maksud agar siswa tidak gugup dalam mengerjakan soal di komputer saat UNBK.

“Pada minggu depan kami akan melaksanakan simulasi untuk mempermatang kesiapan siswa menghadapi UNBK nanti, dengan pelaksanaan simulasi tersebut pasti mereka bisa latihan mengerjakan soal di komputer. Harapannya mereka tidak akan gugup lagi ketika tiba waktu pelaksanaan UNBK,” jelasnya.

Mudila yakin, setelah melakukan berbagai upaya tersebut pihaknya optimis bisa melaksanakan UNBK dengan lancar. Ia juga berharap tidak ada pemadaman lampu dari pihak PLN, karena hal itu akan menjadi kendala saat UNBK pada awal bulan April mendatang.

Sementara itu, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dikbud Sultra, Muh Haris Silondae mengungkapkan yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan UNBK adalah komputer.

“Komputer memang menjadi prasyarat utama untuk melaksanakan UNBK,” kata Muh. Haris Silondae.

Ia berharap, di tengah masalah kurangnya komputer diberbagai sekolah yang ada di Sultra tidak memutus semangat para Kepsek untuk dapat melaksanakan UNBK dengan baik.

“Saya berharap kepada sekolah baik SMA maupun SMP Negeri ataupun swasta bisa melaksanakan UNBK dengan sukses nantinya,” tuturnya. (*LAN)

 

Membaca Berita Astil Harli KLIK DI SINI

Seorang pengemis ilmu yang terus ingin berkarya dan ingin menjadi wartawan profesional di masa depan. Pemuda kelahiran Maluku berdarah Wakatobi ini wartawan Warta Sultra untuk wilayah Kendari.

One Comment to: Hanya Memiliki 14 Komputer, SMAN 2 Konsel Tetap Siap Laksanakan UNBK 2018

Leave a Reply

  • (not be published)