KONAWE SELATAN—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat 30.117 anak di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) belum memiliki akta kelahiran. Anak yang belum memiliki akta kelahiran tersebut berusia nol hingga 18 tahun.

“Untuk Kabupaten Konsel masih ada 30.117 anak yang belum mempunyai akta lahir dan yang sudah mempunyai yaitu 80.593 orang,” uungkap H. Ismail Lawasa selaku Kepala Disdukcapil Sultra saat dikonfirmasi oleh tim Warta Sultra melalui telepon seluler, Jum’at (9/3/2018).

Dikatakan, penyebab masih banyaknya anak yang belum memiliki akta lahir karena kurangnya kesadaran orang tua untuk mencatatkan anak mereka di Disdukcapil setempat.

Kata Ismail Lawasa, target yang ditentukan oleh Disdukcapil untuk kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Konsel yaitu 110.710 orang, namun target tersebut baru 72.80 persen yang tercapai.

Kepala Disdukcapil Sultra menuturkan, akta kelahiran adalah admistrasi yang paling pokok dan harus diurus. Akta kelahiran merupakan salah satu syarat utama dalam berbagai hal, seperti masuk sekolah memerlukan akta kelahiran, namun banyak orangtua yang tidak menyadari itu sehingga akta kelahiran dilupakan.

“Kami selalu menghimbau para orangtua agar secara cepat mengurus akta kelahiran bagi anak-anak yang sudah akan masuk bangku sekolah, kami juga sudah menawarkan berbagai kemudahan kepada orangtua anak untuk mengurus akta kelahiran, tapi masih banyak pula orang tua yang tidak membuatkan akta kelahiran anaknya,” imbuh Ismail Lawasa. (*LAN)

 

Membaca Berita Astil Harli KLIK DI SINI

Seorang pengemis ilmu yang terus ingin berkarya dan ingin menjadi wartawan profesional di masa depan. Pemuda kelahiran Maluku berdarah Wakatobi ini wartawan Warta Sultra untuk wilayah Kendari.

Leave a Reply

  • (not be published)