KENDARI—Pasar Baruga Kota Kendari mengadakan kegiatan sekolah pasar yang bertempat di Halaman Parkiran Pasar Baruga. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pembelajaran terhadap pedagang pasar dalam membangun pasar tradisional yang bersih dan sehat.

Dalam kegiatan sekolah pasar itu turut hadir perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Perdagangan RI, perwakilan dari Pemerintah Kota Kendari, Direktur PD Pasar Kota Kendari, Kepala Pasar Baruga, dan pedagang Pasar Baruga.

Muh. Anwar Ahmad selaku Kepala Sub. Direktorat Pengelolaan Sarana Distribusi, perwakilan dari Kementerian Perdagangan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sekolah pasar bertujuan untuk memberikan pemahaman pedagang pasar mengenai betapa pentingnya kebersihan pasar tradisional.

“Kami selaku perwakilan dari Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan pihak pemerintah kota dan pihak pengelola pasar untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya kebersihan pasar tradisional, agar bisa berjalan seimbang dengan pasar-pasar modern saat ini, kegiatan ini juga didukung oleh Kementrian Kesehatan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Dewi Marlina selaku perwakilan dari Kementerian Kesehatan menambahkan bahwa untuk mencapai pasar tradisional yang bersih, sehat, nyaman dan aman harus dimulai dari kesadaran para pedagang pasar itu sendiri dan juga diberikan suport oleh pemerintah setempat.

“Untuk menciptakan pasar yang bersih dan sehat, pedagang harus memiliki andil yang lebih dan memiliki kesadaran untuk selalu membersihkan tempat jualannya,” kata Dewi Marlina.

Kata Dewi Marlina, stelah menjual, sampah harus dikumpulkan di tempat-tempat pembuangan sampah yang sudah tersedia, jangan asal dibuang saja, dan dari pihak pengelola pasar juga harus memperhatikan tempat sampah.

“Jika masih kurang yang berada dalam pasar, saluran drainase juga harus baik agar air bekas ikan, sayur ataupun daging dapat mengalir dengan baik sehingga tidak ada penyumbatan yang menyebabkan aroma tidak sedap,” tuturnya. (*LAN)

 

Membaca Berita Andi Arli KLIK DI SINI

One Comment to: Kementerian Perdagangan RI dan Kemenkes RI Himbau Pedagang Menjaga Kebersihan Pasar Baruga

Leave a Reply

  • (not be published)