KONAWE—Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Wawotobi, yang terletak di Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada awal bulan April 2018.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Wawotobi, Agus Suyono, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa menghadapi UNBK pihaknya sudah merampungkan semua persiapan, baik komputer yang akan digunakan maupun dari kesiapan siswa sendiri.

“Sebenarnya jumlah komputer yang dibutuhkan itu 110 unit, sementara jumlah komputer yang dimiliki oleh sekolah hanya 28 unit. Untuk menanggulangi kekurangan tersebut kami sudah koordinasikan dengan orang tua siswa, dan disepakati bahwa untuk menanggulangi kekurangan sebanyak 82 unit, beberapa siswa diwajibkan membawa laptop pada saat ujian,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (31/3/2018).

Lanjutnya, siswa kelas XII yang akan melaksanakan UNBK berjumlah 325 siswa, terdiri dari 160 siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 123 siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan sisanya Jurusan Bahasa.

“Untuk servernya sendiri, kami sudah siapkan tiga unit, dengan empat ruangan ujian. dua server yang melayani 40 komputer, sedangkan satunya lagi untuk 30 komputer,” papar Agus Suyono.

Ia menuturkan, sebelumnya pihak SMAN 1 Wawotobi sudah melakukan uji coba pada tanggal 12 hingga 14 Maret 2018 lalu terhadap komputer dan laptop yang akan digunakan untuk UNBK, namun ada beberapa laptop milik siswa yang bermasalah tidak bisa terhubung dengan server, sehingga pihak sekolah harus menginstal beberapa leptop tersebut.

“Ada beberapa laptop yang bermasalah pada saat uji coba, bahkan ada yang diinstal ulang dengan sistem operasi baru yaitu windows 10, tanpa menghilangkan data dalam laptop,” jelas Agus Suyono.

Ia melanjutkan, sebelum tanggal 9 April 2018 semua komputer dan laptop milik siswa sudah dikarantina, agar tidak ada masalah saat penyambungan di server nantinya.

“Saya harap semua siswa dapat belajar lebih giat lagi dalam menghadapi UNBK, agar nilainya dapat memenuhi standar untuk melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi,” pungkas Agus Suyono. (*LAN)

 

Membaca Berita Iwal Taniapa KLIK DI SINI

2 Comments to: Manfaatkan Laptop Siswa, SMAN 1 Wawotobi Konawe Siap Laksanakan UNBK

Leave a Reply

  • (not be published)