KENDARI—Pasar tradisional baru yang berada di Jalan Wayong, Kelurahan Wua-Wua ini masih belum memperlihatkan bahwa keberadaannya mampu mendatangkan banyak pembeli. Penghasilan pedagang, khususnya pedagang ikan, justru lebih besar ketika mereka masih berjualan di pinggir jalan tanpa los pasar yang rapi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sibar (53), salah satu pedagang ikan yang ada di Pasar Wayong. Menurutnya, meskipun pedagang belum dikenai biaya sewa untuk berjualan di los Pasar Wayong tetapi hal tersebut belum sepenuhnya menguntungkan pihak pedagang.

Karena los pasar gratis belum dibarengi dengan padatnya pembeli seperti saay ia berjualan bebas di pinggir jalan.

Terkait kenyamanan, Sibar tidak menampik bahwa jauh lebih nyaman berjualan di Pasar Wayong dibandingkan saat di pinggir jalan, karena kondisinya rapi, bersih, dan tidak bau. Konstruksi bangunan juga membuat pedagang tidak lagi terganggu oleh terik matahari dan hujan.

Tetapi, Sibar kembali menegaskan, kenyamanan tersebut belum dibarengi dengan hasil yang memadai. Bahkan menurutnya, tidak jarang ia justru rugi.

“Saya pernah mengeluarkan modal beli ikan untuk dijual tetapi tidak mendapatkan hasil dan keuntungan malah rugi, dan itu terjadi sampai lima kali,” jelasnya pada Warta Sultra saat ditemui di los tempat ia menjual ikan, Kamis (5/4/2018).

Sibar menambahkan, permasalahan lain yang dihadapi adalah pedagang ikan tidak lagi kompak seperti saat berjualan di pinggir pasar.

“saya terkadang merasa kecewa karena sesama pedagang ikan di sini tidak ada kekompakan, yang ada malah saling berebut pelanggan, pembeli yang sudah berada di tempat saya terkadang dipanggil lagi oleh pedagang ikan lain dengan menawarkan harga ikan yang lebih murah,” imbuhnya.

Tetapi Sibar sadar bahwa hal tersebut terjadi karena dipicu sepinya pembeli sehingga semua pedagang ikan harus bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan. (*SPA)

 

Membaca Berita Andi Arli KLIK DI SINI

One Comment to: Kenyamanan Pasar Wayong Belum Dibarengi dengan Kesejahteraan Pedagang Ikan

Leave a Reply

  • (not be published)