KENDARI—Peserta kontingen Racana Sultan Qaimuddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari yang akan mengikuti Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PWPTK) Nasional se-Indonesia di Riau resmi dilepas. Upacara pelepasan digelar di Pelataran Rektorat IAIN Kendari dan dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Kendari, Dr. Nur Alim, M. Pd.

PWPTK Nasional se-Indonesia ke-14 yang akan dilaksanakan di UIN Sultan Syarif Kasim (SUSKA) Riau akan dimulai dari tanggal 3 hingga 10 Mei 2018. Dalam sambutannya, Nur Alim, mengingatkan bahwa dalam mengikuti perkemahan tersebut tidak hanya sekedar pertemuan Pramuka Perguruan Tinggi Keislaman se-Indonesia, namun juga untuk memperkenalkan Pramuka di perguruan tinggi dan kampus masing-masing.

“Peserta akan berkontribusi melalui kerja sosial kemasyarakatan yang telah dirancang oleh panitia pusat dan daerah, sehingga terciptanya kesehatan fisik, jiwa dan raga, serta semangat yang prima,” ungkapnya, Senin (29/04/18).

Nur Alim menambahkan, dalam kegiatan PWPTK yang dilaksanakan di UIN Sultan Syarif Kasim Riau akan mengadopsi perkemahan yang dilakukan di IAIN Kendari tahun 2015 yang lalu, yakni peserta menyatu di masyarakat dengan tidur dan bermukim di rumah-rumah masyarakat.

Kontingen Racana Sultan Qaimuddin IAIN Kendari yang akan mengikuti PWPTK Nasional se-Indonesia/ Foto: La Usaha

“Mahasiswa diharapkan bisa menggunakan Dharma Perguruan Tinggi, peserta PWPTK bisa belajar bagaimana pola kehidupan masyarakat, bagaimana memetakan potensi kehidupan masyarakat, bagaimana memetakan potensi-potensi yang ada, sehingga tidak hanya bersenang-senang saja, tapi bisa memaknai arti dari PWPTK, yaitu proses memahami realita kehidupan masyarakat. Selain itu Pramuka pada suatu sisi bisa melakukan Dharma Perguruan Tinggi yang pertama yaitu pendidikan dan pengajaran,” jelasnya.

Darma perguruan tinggi kedua lanjutnya, yaitu Dharma Penelitian maknanya yaitu peserta bisa melakukan penelitian utamanya yang relevan dengan program studi masing-masing. Sehingga kehadiran peserta PWPTK bisa menjadi bagian untuk pengembangan penelitian.

“Peserta PWPTK bisa membangun laboratoriun sosial, sehingga itu menjadi pengalaman yang berharga, dan dengan kehadiran peserta bisa menjadi pelopor, pembimbing bagi masyarakat dan ketika selesai dapat menjadi pelopor, motivator bagi masyarakat,” tutur Nur Alim.

Ia menambahkan, Dharma Perguruan Tinggi ketiga yasitu peserta PWPTK yang berpangkalan di IAIN Kendari menjadi duta IAIN Kendari, sehingga sikap tindakan, bahasa dan perilaku akan mencerminkan mahasiswa IAIN Kendari serta masyarakat Kendari pada umumnya, juga menjadi representasi mahasiswa serta masyarakat Sultra dan IAIN Kendari khususnya.

“Kalau ada skill keterampilan, tunjukan pada peserta lain di sana. Anda berangkat dari berbagai Prodi, tapi dipersatukan di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, kalau ada ukhuwah Islamia, ukhuwah kebangsaan kita dipersatukan di dalamnya, kita semua bersaudara diikat dalam keluarga besar, lebih khusus kalian adalah saudara yang diikat dalam satu lembaga,” tutur Nur Alim.

Rektor IAIN Kendari tersebut berpesan agar seluruh peserta saat tiba di Riau nanti menjaga kekompakan, kebersamaan, ketika ada masalah untuk saling melengkapi dan membantu.

“Jaga nama citra dan kebesaran nama IAIN Kendari. Kalian adalah representasi dari 4000 mahasiswa yang ada di IAIN Kendari, sehingga jangan menjadi cerita negatif bagi IAIN Kendari. Dengan Dasa Dharma dan komitmen Pramuka saya yakin tidak ada cerita negatif. Sukses untuk peserta PWPTK se-Indonesia,” pungkas Nur Alim. (*LAN)

 

Membaca Berita La Usaha KLIK DI SINI

Hidup adalah belajar dari suatu kesalahan, dimana engkau akan tumbuh dan terbentuk, di situlah muncul suatu pendewasaan. Dimulai dari berkarir sebagai wartawan, saya berproses mencari suatu bukti yang konkrit menjadikan sebagai bacaan yang sederhana tapi bermanfaat bagi diri saya pribadi dan orang lain. Dengan hadirnya saya sebagai wartawan akan membawa perubahan dengan berita - berita yang faktual untuk Indonesia. dan Sulawesi Tenggara, terkhusus Buton Selatan.

One Comment to: IAIN Kendari Lepas Kontingen PWPTK ke-14

Leave a Reply

  • (not be published)