VIDEO—Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa Keluarga Besar Mahasiswa Oelongko (KBM Oelongko) mengadakan festival kebudayaan Muna yaitu Oelongko Festival V dengan mengangkat tema “Daporima-Rimatai so Kaetahano Witeno Wuna”.

Berita terkait: KBM Oelongko Adakan Festival Budaya Muna

Kegiatan ini direspon positif oleh masyarakat, Kepala Desa hingga Camat Oelongko. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari mulai dari tanggal 23 hingga 25 Juli 2018 yang betempat di Desa Oelongko, Kecamatan Bone, Kabupaten Muna dan dibuka oleh Asisten Tiga Kabupaten Muna, Edy Ugga S.H, M.Si.

Dalam kegiatan ini menampilkan beberapa festival budaya Muna diantaranya Tari Linda, Kontau, Rambi Wuna. Sedangkan untuk lomba dalam kegiatan ini yakni kabhanti gambusu, hule (gasing yang terbuat dari kayu), ntauda-uda, lomba masak khas Muna, lomba mendongeng tradisi Muna serta lomba menyanyi lagu daerah.

Berita terkait: Asisten Tiga Kabupaten Muna Apresiasi Festival Budaya Muna di Oelongko

Pada saat pembukaan, menampilkan Silat Muna dan Tari Linda. Untuk Silat Muna (Kontau) melibatkan laki-laki dan perempuan berperan sebagai pesilat yang diiringi dengan alunan musik gendang atau Suku Muna biasa menyebutnya dengan mbolo.

Berita terkait: Camat Bone dan Kades Oelongko Sambut Baik Oelongko Festival V

Sedangkan untuk Tari Linda melibatkan perempuan dengan berpakaian adat Suku Muna dengan diringi lagu Muna serta alunan musik gendang.

Baca: Kemeriahan Pembukaan Festival Budaya Muna di Desa Oelongko

Berikut video Silat Muna dan Tari Linda dalam kegiatan festival kebudayaan Muna yang berhasil dipublikasikan oleh Arif Laela, S.Pd wartawan Warta Sultra, Senin (23/7/2018). (*SR)

3 Comments to: Silat Muna dan Tari Linda dalam Festival Budaya Muna

  1. Desember 18th, 2018

    Hi, I think your website might be having browser compatibility issues. When I look at your blog site in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, very good blog!|

  2. Desember 19th, 2018

    I appreciate you sharing this blog article. Much obliged.

  3. Desember 19th, 2018

    wooow good article. thank you admin.

Leave a Reply

  • (not be published)