Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7 Kusambi yang terletak di Desa Guali, Kecamatan Kusambi sebagai sekolah rujukan di Kabupaten Muna Barat (Mubar) dengan kondisi sekolah yang bersih, nyaman dan sejuk.

Pantauan Warta Sultra di lokasi, SDN 7 Kusambi memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap seperti, lapangan olahraga maupun gazebo sebagai tempat istrahat dan tempat diskusi bagi siswa, juga memiliki tanaman hias dan pepohonan sehingga menciptakan suasana yang lebih sejuk.

Selain itu, dinding bangunan memiliki coretan kaligrafi sehingga terpancar suasana sebagai lingkungan religius dan ruangan kelas difasilitasi pojok baca dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca siswa.

Ridwan, A.Ma.Pd selaku Kepala SDN 7 Kusambi mengungkapkan bahwa SDN 7 merupakan sekolah level pusat sebagai rujukan di Kabupaten Muna Barat tingkat SD.

“Guru, kepala sekolah, serta siswa harus bertanggung jawab dalam hal menyandang status sebagai sekolah rujukan dengan menjaga seluruh fasilitas sarana dan prasarana di lingkungan SDN 7 Kusambi,” ujarnya pada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, (02/08/2018).

Halaman SDN 7 Kusambi/Foto: Munir

Lebih lanjut Ridwan menambahkan, SDN 7 Kusambi telah mengikuti perlombaan tingkat Kabupaten Muna Barat dan berhasil memperoleh juara I serta menjadi duta pada tingkat provinsi.

“Pada tingkat provinsi, saat ini masih menunggu hasil semoga bisa dipercayakan mewakili hingga pada tingkat provinsi,” sambungnya.

Namun demikian, SDN 7 Kusambi belum memiliki mushola permanen dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), saat ini hanya menggunakan gedung yang disekap antara dua gedung ruang belajar, serta pagar keliling sekolah yang belum memadai.

Ridwan berharap, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Mubar bisa melengkapi sarana yang ada di SDN 7 Kusambi, sebab idealnya sebagai sekolah rujukan harus memiliki bangunan mushola dan UKS secara terpisah.

“Kalau sudah dilengkapi dengan gedung mushola, aktivitas siswa di bidang keagamaan akan dipusatkan di mushola,” pungkasnya. (*LAN)

One Comment to: SDN 7 Kusumbi sebagai Sekolah Rujukan Kabupaten Muna Barat

Leave a Reply

  • (not be published)