BERBAGI
Kripik oblong hasil produksi UD. Lemo Sukses Sejati/Foto: Arman

BUTON UTARA—Kripik oblong menjadi salah satu snack atau makanan ringan yang digemari oleh masyarakat Kabupaten Buton Utara (Butur). Keripik ini diproduksi oleh  UD. Lemo Sukses Sejati yang terletak di Kelurahan Lemo, Kecamatan Kulisusu.

Rukman (27) selaku pemilik UD. Lemo Sukses Sejati mengungkapkan bahwa keripik oblong miliknya terbuat dari ubi kayu yang diparut atau kaupi demikian masyarakat Butur menyebutnya.

“Pertama-tama ubi parut yang sudah diletakan di dalam loyang kemudian dikukus, lalu dikeringkan dengan sinar matahari, setelah itu ubi parut yang sudah dikeringkan digunting-gunting kecil bentuk segi empat. Potongan-ptongan tersebut kemudian digoreng,” ujarnya pada Warta Sultra saat ditemui di rumah produksi keripik oblong, Sabtu (6/10/2018).

Setelan digoreng lanjut Rukman, potongan-potongan ubi tersebut kemudian dicampurkan dengan penyedap rasa.

“Langkah terakhir dalam pembuatan keripik oblong ini adalah dicampurkan dengan penyedap rasa diantaranya, ada rasa manis, rasa jagung bakar, pedas dan original atau yang tidak memakai penyedap rasa,” jelasnya.

Rukman menyampaikan, usaha keripik oblong miliknya dirintis sejak lima tahun yang lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Keripik oblong ini sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua.

“Harga keripik oblong sangat terjangkau, saya jual dengan harga 5.000 per bungkus besar dan 2.000 per bungkus kecil. Pendapatan saya setiap hari bisa mencapai 100.000 hingga 200.000,” tuturnya.

Rukman berharap, agar masyarakat Kabupaten Butur lebih menyukai dan menggemari makanan ringan asli Butur. Selain itu, ia juga berharap agar pendapatannya lebih banyak lagi. (*LAN)

Facebook Comments