BERBAGI
Suasana pelatihan asuhan keperawatan jiwa dasar perawat yang digelar di Same Hotel Kendari/Foto : Astil

KENDARI—Demi meningkatkan profesionalitas pelayanan perawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sulawesi Tenggara, pihak RSJ Sultra menyelenggarakan pelatihan asuhan keperawatan jiwa dasar perawat yang digelar di Same Hotel Kendari.

Kasubid Diklat Penelitian dan Pengembangan Profesi RSJ Sultra, Sutrisno menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah pelatihan untuk mengajarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang perawat khususnya perawat jiwa.

Berita Terkait: Berikut Ciri-ciri Orang yang Mengidap Penyakit Waham

“Tujuannya ini nanti diharapakan bahwa perawat yang ada di RSJ bisa merawat pasien yang terindikasi mengalami gangguan jiwa, terutama beberapa kasus gejala gangguan jiwa seperti halusinasi, resiko berperilaku kekerasan, resiko bunuh diri dan waham,” ujarnya kepada Warta Sultra saat ditemui di Same Hotel Kendari usai membawakan materi, Rabu (24/10/2018).

Kasubid Diklat Penelitian dan Pengembangan Profesi RSJ Sultra, Sutrisno/Foto : Astil

Ia berharap pada kegiatan pelatihan ini, perawat dapat memahami cara-cara terkait penanganan pasien gangguan jiwa agar pasien bisa kembali ke rumah masing-masing dengan kondisi perubahan jiwa dan mental yang baik.

“Pelatihan ini sangat penting sekali terutama juga terkait dengan kemampuan perawat yang harus kuat dalam memberikan asupan dalam bentuk pelayanan yang baik agar para pasien ini bisa kembali berkumpul dengan keluarga mereka masing-masing di rumah,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh Warta Sultra di RSJ Sultra, jumlah pasien rawat jalan pada bulan Januari 2018 berjumlah 991 orang, bulan Februari 833 orang, bulan Maret 886 orang dan bulan April 956 orang. Sementara itu, untuk pasien rawat inap pada bulan Januari 2018 berjumlah 166 orang, Februari 223 orang, Maret 243 orang dan bulan April 254 orang. (*SR)

Facebook Comments