BERBAGI
Suasana antrian pembuatan SIM di Polres Kendari/Foto : Hariman

KENDARI—Pelaksanaan Operasi Zebra di Kota Kendari sangatlah berdampak positif, terlihat sejak seminggu sebelum pelaksanaan operasi tersebut, masyarakat mulai padati Polres Kendari untuk melakukan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Hingga saat ini sudah mencapai ribuan masyarakat yang telah melakukan pengurusan SIM.

Aiptu Asdar Mangunrai selaku Benma SIM Polres Kendari mengatakan, jauh sebelum pelaksanaan Operasi Zebra ini pihaknya telah melakukan beberapa kali sosialisasi bahwa akan ada Operasi Zebra sehingga diharapkan kepada masyarakat untuk melengkapi surat-surat kendaraannya.

“Sebelum Operasi Zebra dilakukan, kami sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat, baik melalui media elektronik, cetak maupun melalui pamflet agar masyarakat dapat melengkapi surat berlalu lintas. Karena kami menilai bahwa saat ini kesadaran masyarakat terhadap kelengkapan surat berlalu lintas masih sangat kurang,” ujarnya kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/11/2018).

Aiptu Asdar Mangunrai selaku Benma SIM Polres Kendari/Foto : Hariman

Ia menambahkan bahwa pemohon pembuatan SIM di Polres Kendari meningkat dari hari-hari sebelumnya. Namun dengan adanya Operasi Zebra ini, dalam sehari pemohon pembuatan SIM kurang lebih 200 orang. Saat ini, pembuatan SIM diperkirakan kurang lebih 1.400 orang. Jumlah tersebut terhitung sejak satu minggu sebelum adanya Operasi Zebra.

“Akibat begitu banyaknya jumlah pemohon dalam pengurusan SIM setiap harinya, maka kami berlakukan pelayanan dari pagi hingga malam hari sampai antrian selesai,” tambahnya.

Aiptu Asdar Mangunrai berharap, harusnya masyarakat timbul kesadaran diri untuk melengkapi surat-surat kendaraan berupa SIM agar tidak terjadi penumpukkan seperti saat ini.

“Dengan diberlakukan Operasi Zebra ini, diharapkan kepada masyarakat Kota Kendari agar dapat menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang selalu terjaga dan terpelihara,” pungkasnya. (*SR)

Facebook Comments