BERBAGI
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum/Foto : Bakri

KENDARI—Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Perumnas mengeluarkan kebijakan bagi pasien yang melahirkan di Puskesmas tersebut akan diberikan surat akta kelahiran secara gratis.

Berita Terkait: Bersalin di Puskesmas Perumnas Bisa Mendapatkan Akta Kelahiran Secara Gratis

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kendari, Rahminingrum mengapresiasi terobosan baru yang dikeluarkan oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Perumnas.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari Kepala Puskesmas Perumnas untuk memberikan akta kelahiran pada saat persalinan,” ujarnya pada Warta Sultra saat ditemui di Swisbel Hotel Kendari, Rabu (7/11/2018).

Inovasi tersebut lanjut Rahmi Ningrum, tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan di seluruh Puskesmas yang ada di Kota kendari.

“Saya berharap inovasi tersebut bisa diduplikasi di lima belas Puskesmas lainnya di Kota Kendari,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk mendapatkan akta kelahiran harus ada surat keterangan lahir dari bidan atau dokter. Persyaratan tersebut yang difasilitasi Puskesmas Perumnas.

“Kenapa kita tidak memutus mata rantai yang berkepanjangan. Di situ ada surat keterangan bidan, di situ juga sudah ada identitas orang tua KK dan KTP. Persyaratan itulah yang Puskesmas Perumnas fasilitasi. Jadi begitu pasien pulang, ia sudah bawah anak beserta akta kelahiran,” pungkasnya. (*SR)

Facebook Comments