BERBAGI
Suasana pelepasan bantuan untuk korban gempa dan tsunami Sulteng/Foto : Astil

KENDARI—Kepala Seksi Teritorial Komando Resort Militer (Korem) 143/HO, Letnal Kolonel Infanteri Edward K melepas bantuan kemanusiaan untuk korban gemap dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Pihaknya mengirim bantuan sebanyak 20 ton yang dikumpulkan dari masyarakat Sultra. Hal tersebut disampaikan oleh Letnal Kolonel Infanteri Edward K. Ia mengatakan bahwa bantuan ini dikirim melalui jalur darat.

“Tugas kami hanya membantu mengumpulkan setelah semua terkumpul, kami ke pemerintah daerah (Pemda) agar bagaimana Pemda setempat mencari cara sehingga bantuan ini diantar hingga ke Sulteng,” ujarnya kepada Warta Sultra saat ditemui di Korem 143/HO, Rabu (7/10/2018).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, rombongan truk bantuan ini dikawal oleh anggota Korem. Lebih lanjut Letnal Kolonel Infanteri Edward mengatakan, Korem 143/HO dengan Pemda sudah melakukan koordinasi terkait dengan hal-hal yang dibutuhkan saat pengiriman bantuan.

Ia menambahkan bahwa pengiriman bantuan tersebut harusnya merupakan tugas pokok dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial. Namun setelah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait sehingga dapat diatasi dan berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.

“Hal ini kan merupakan tanggung jawab moral kami sebagai Satuan Komandan Kewilayahan di Kendari yang terus berupaya merealisasikan bantuan yang berasal dari masyarakat Sultra,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa adapun satuan yang sudah mengirim diantaranya, Korem 143/HO dengan jumlah 11 kontener dan enam truk dan sebagian bantuan masih dalam proses pengiriman, Kodim 1412/ Kolaka sebanyak 19 truk roda enam, Kodim 1413/Buton sebanyak delapan mobil MPS fuso dan satu kali melalui Kapal Pelni.

Serta Kodim 1416/Muna sebanyak tujuh truk roda enam dan Kodim 1417/Kendari sebanyak 16 kontener, 10 mobil MPS fuso melalui darat, dua mobil melalui kapal laut dan empat kali melalui Pesawat Hercules. (*SR)

Facebook Comments