Untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kendari menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) periode 2018/2019 dengan mengangkat tema “Menyongsong Kebersamaan dan Silaturahmi Dalam Lingkup SMAN 2 Kendari”. Kegiatan tersebut dimulai tanggal 6 hingga 13 Desember 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga SMAN 2 Kendari.

La Samura, S.Pd., M.Pd selaku Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 2 Kendari mengatakan bahwa Porseni ini merupakan sebuah event yang dapat menyalurkan minat, bakat dan hobi khususnya bagi siswa dalam lingkup sekolah yang mencakup kegiatan olahraga dan seni.

“Tujuan daripada dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk mempererat hubungan tali silaturahmi antar siswa, baik senior maupun junior serta guru dan para staf yang ada di sekolah tersebut,” ujarnya kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/12/2018).

Lebih lanjut, La Samura yang juga selaku Guru Bimbingan Konseling (BK) ini menyampaikan secara umum manfaat pendidikan kegiatan Porseni bagi siswa adalah agar dapat membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang bersifat positif.

“Porseni ini selain sebagai hiburan, juga sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa dan siswi dalam hal olahraga dan seni, juga dengan adanya Porseni ini mengajarkan kepada siswa-siswi untuk menjunjung tinggi sportivitas dan berani mengakui kekalahan,” ambungnya.

La Samura, S.Pd., M.Pd selaku Pembina OSIS SMAN 2 Kendari/Foto : Hariman

Di tempat yang sama, Anjas Pratama selaku Ketua Panitia Porseni tersebut menambahkan, dalam kegiatan tersebut terdapat enam belas cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan diantaranya adalah lomba catur, futsal, bola voli, tarik tambang, bola gotong, tenis meja, bulu tangkis, lompat jauh, lomba akustik, puisi, pidato Bahasa Inggris , da’i, tilawah, LCT, khutbah serta lomba kebersihan kelas.

“Dari enam belas jenis kegiatan tersebut semua melibatkan siswa kelas X, XI dan XII baik itu putra maupun putri terkecuali pada cabang olahraga bola kaki futsal dan lomba khutbah yang diikutkan khusus untuk putra saja,” paparnya.

Anjas Pratama mengatakan bahwa kegiatan Porseni ini merupakan program kegiatan tahunan OSIS SMAN 2 Kendari yang mana selalu diadakan pada setiap ulangan semester ganjil selesai. Dengan beberapa rangkaian kegiatan yang selalu dipertandingkan oleh siswa SMAN 2 Kendari secara keseluruhan dalam tiap tahunnya.

“Melalui event ini diharapkan kepada semua siswa yang ikut bertanding untuk dapat mengelurkan kemampuan terbaiknya sehingga melalui berbagai lomba yang digelar akan muncul pelajar-pelajar berprestasi yang nantinya dapat mengangkat nama baik SMAN 2 Kendari di berbagai event baik itu di tingkat provinsi, nasional maupun internasional,” jelasnya.

Untuk diketahui, lanjut Anjas Pratama, secara umum tujuan daripada kegiatan Porseni sekolah ini adalah untuk memelihara persatuan dan kesatuan diantara siswa, meningkatkan kebugaran dan prestasi dengan sportivitas yang tinggi. Untuk mencetak dan menghasilkan calon penerus bangsa yang berdedikasi tinggi dengan segenap kemampuan dan keterampilannya.

“Mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui kegiatan olahraga dan seni. Mencetak bibit-bibit baru penerus generasi bangsa yang mempunyai dedikasi tinggi dalam keterampilannya di bidang olahraga dan seni, memperkokoh persaudaraan dan rasa saling memiliki diantara siswa,” tuturnya. (*SR)